Redaksi | Pedoman Media Siber | Disclamair | Kontak
PENGAJIAN RUTIN KEJAKSAAN TINGGI RIAU OLEH UST. H. MARHALIM, S. AG

Ali Amranpiliang
Senin, 22 Apr 2024 11:54 WIB | dilihat: 11295 kali
Foto: oleh Ust. H. Marhalim, S. Ag dan Pelepasan Jamaah Masjid Al-Mizan yang akan melaksanakan Ibadah Haji Tahun 2024

PEKANBARU,RBC-Senin tanggal 22 April 2024 sekira pukul 08.00 WIB s/d selesai bertempat di Masjid Al-Mizan Kejaksaan Tinggi Riau, telah dilaksanakan Pengajian Rutin yang disampaikan oleh Ust. H. Marhalim, S. Ag dan Pelepasan Jamaah Masjid Al-Mizan yang akan melaksanakan Ibadah Haji Tahun 2024 yang diikuti oleh seluruh pegawai Kejaksaan Tinggi Riau yang beragama Islam.

Dalam penyampaiannya Ust. H. Marhalim, S. Ag menyampaikan Kata "minal aidin" memiliki arti golongan yang kembali. Sementara "wal faizin" artinya golongan yang menang. Sehingga arti kalimat minal aidin wal faizin adalah "semoga kita semua termasuk golongan yang kembali (fitrah, suci) dan termasuk orang yang meraih kemenangan (melawan hawa nafsu)".

Selanjutnya Ust. H. Marhalim, S. Ag menyampaikan Puasa mengajarkan keikhlasan, berbeda dengan ibadah selain puasa, dapat disaksikan dan didengar orang lain. Seperti salat, zakat, sodaqoh, haji dan membaca Alquran. Modal dasar yang harus dimiliki oleh setiap jamaah haji apabila ingin sukses dalam melaksanakan ibadah haji ditanah suci Mekkah. Modal dasar tersebut katanya harus dapat diimplementasikan oleh jamaah haji sebelum dirinya melaksanakan ibadah, saat beribadah dan setelah melaksanakan ibadah yaitu pertama adanya sikap keikhlasan dalam beribadah, kedua bertawakkal (memasrahkan diri) hanya kepada Allah SWT, ketiga harus memiliki sifat sabar dan keempat harus istiqamah.

Diakhir Ust. H. Marhalim, S. Ag menyampaikan Meski beragam bekal telah disiapkan dengan baik guna menunaikan rukun Islam yang kelima ini, yang harus selalu diingat oleh para jamaah haji bahwa Allah SWT menegaskan, sesungguhnya bekal utama dan terbaik meraih haji mabrur, yakni takwa. Hal ini sebagaimana firman-Nya, "Berbekallah dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa dan bertakwalah kepada-Ku hai orang-orang yang berakal" (QS al-Baqarah [22]: 197).

Turut hadir dalam kegiatan Pengajian Rutin Kejaksaan Tinggi Riau oleh Ust. H. Marhalim, S. Ag dan Pelepasan Jamaah Masjid Al-Mizan yang akan melaksanakan Ibadah Haji Tahun 2024 yaitu Kepala Kejaksaan Tinggi Riau Akmal Abbas, S.H., M.H, Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Riau Hendrizal Husin, S.H., M.H, Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Wilayah Riau Ny. Dewi Akmal beserta pengurus dan anggota Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Wilayah Riau dan Para Asisten dilingkungan Kejaksaan Tinggi Riau.

Kegiatan Pengajian Rutin Kejaksaan Tinggi Riau oleh Ust. H. Marhalim, S. Ag dan Pelepasan Jamaah Masjid Al-Mizan yang akan melaksanakan Ibadah Haji Tahun 2024 bertempat di Masjid Al-Mizan Kejaksaan Tinggi Riau berjalan tertib, aman dan lancar.

Pekanbaru, 22 April 2024

Kasi Penkum Kejati Riau

dto

BAMBANG HERIPURWANTO, SH., MH

Jaksa Madya Nip.19770807 199703 1 002 (Rls)



Connect With Us





Copyright © 2015 riaubangkit
All right reserved