Redaksi | Pedoman Media Siber | Disclamair | Kontak
Wartawan Bergabung di KWACI Rohil Diminta Netral Dalam Pilkada Rohil

Redaksi
Sabtu, 19 Sep 2020 03:15 WIB | dilihat: 73 kali
Foto: Ketua kwaci Rohil Zulfan Efendi dan Ketua PWI Rohil saat menghadiri Acara letentuan tahapan pilkada Rohil 2020 di gedung Serba guna Misran Rais Bahan Siapi api jumat 18/09/2020.

ROKAN HILIR-- Riaubangkit.com Ketua Komunitas Wartawan Cinta Indonesia ( KWACI ) Kabupaten Rokan Hilir ( Rohil ), Zulfan Effendi menghimbau kepada seluruh wartawan yang tergabung di KWACI Rohil untuk bisa bersikap netral pada masa tahapan Pilkada Rohil tahun 2020.

 

Hal itu juga berkaitan dengan acara Rapat Koordinasi ( Rakor ) Lintas Sektoral Dalam Rangka Operasi Mantap Praja Lancang Kuning Polres Rokan Hilir ( Rohil ) terkait Pilkada 2020 Rokan Hilir di Gedung Serbaguna Misran Rais Bagansiapiapi, diselenggarakan pada Jumat (18/9/2020) kemarin.

 

"Ya, KWACI juga ikut di undang dalam acara itu, dan saya hadir didampingi beberapa orang teman KWACI," kata Ketua KWACI Rohil, Zulfan Effendi, pada Sabtu (19/9/2020).

 

Zulfan Efendi menyarankan kepada teman-temannya yang lebih kurang 40 orang tergabung di KWACI, untuk melakukan tugas jurnalistik sebagai air hujan ditengah terik mata hari dan tidak menjadi minyak yang tidak pernah bisa bercampur dengan air.

 

"Kode Etik Jurnalistik (KEJ ) diutamakan dalam melakukan tugas liputan . Saya selaku ketua KWACI Rohil tidak akan mengintervensi teman-teman saya, dan silahkan ikuti semua pasangan calon ( paslon ) jika pihak nya mengundang atau terlihat saat lakukan kegiatan," ungkap pria yang akrab disapa Fendi ini.

 

Zulfan zefendi juga mempesilahkan kepada teman-temannya untuk mempublikasikan setiap agenda paslon Pilkada Rohil atau diluar Rohil. "Jangan ada sifat menghujat salah paslon atau berita yang dapat membuat kisruh suasana masa Pilkada Rohil, karena kita ingin Pilkada Rohil berjalan kondusif seperti pada tahun-tahun sebelumnya," sebht Zulfan Efendi .

 

Menurut Zulfan Efendi , wartawan harus netral dan tidak berpihak kepada paslon Pilkada. "Kita inikan sosial kontrol yang harus mengacu pada UU pers No.40 tahun 1999, dan tupoksi wartawan merupakan menginformasikan fakta yang tidak menyebar Hoax ( bohong )," paparnya secara tegas.

 

Ditambahkannya, bahwa KWACI terbuka dan siap meliput pasangan calon Pilkada, khususnya paslon yang maju di Pilkada Rohil. "Kalau atasnama KWACI mari kita liput bersama, lain halnya undangan perorangan, datanglah sendiri, namun tetaplah netral dan tidak menyudutkan pasangan lain dalam pemberitaan," pungkas Zulfan

Penulis : Aminuddin



Rekomendasi untuk Anda


Connect With Us





Copyright © 2015 riaubangkit
All right reserved