Redaksi | Pedoman Media Siber | Disclamair | Kontak
Berita di Bulan Desember 2020

Redaksi
Minggu, 29 Nop 2020 11:23 WIB | dilihat: 1835 kali

Topik berita Desember 2020 tentang

"Tindak Kekerasan terhadap Perempuan dikaitkan dengan Suasana Copid-19."

 

Latar Belakang masalah :

Suasana pandemi Copid - 19 telah berlangsung sejak bulan Maret 2020. Dampak ekonomi dan sosial telah dirasakan oleh semua masyarakat Indonesia. Salah satunya tindak kekerasan yg dialami oleh kaum perempuan ini kurang mendapat perhatian oleh kalangan pers atau media massa. Tindak kekerasan yg dimaksud tidak sekedar pemukulan suami terhadap istri atau perceraian tetapi lebih dari itu. Misalnya kehidupan seorang istri yang sudah janda. Dia berusaha menyekolahkan anaknya ke jenjang lebih tinggi. Bagaimana dia bisa mencukupi kehidupan rumah tangga sehari-hari di tengah sulitnya ekonomi saat ini. 

Atau seorang ibu Rumah tangga mendidik anak di rumah karena semua sekolah diliburkan selama pandemi. 

 

Nara sumber ;

  1. Cari seorang ibu rumah tangga yg sudah cerai dari suaminya atau suami sudah meninggal tapi mampu menyekolahkan anaknya. Tanyakan kisah hidupnya. Bagai mana dia biaa menyekolahkan anaknya. Bagaimana dia bisa seorang ibu sejaligus seorang bapak dalam keluarga. Bagaimana dia mengajari anaknya di rumah karena memang sekolah diliburkan. Itulah yg kita tuliskan gambaran seorang ibu rumah tangga yg tidak  bersuami lagi.
  2. Kegiatan ibu-ibu dalam PKK atau Posyandu. Ceritakan apa saja kegiatannya. Program kerjanya dan kegiatan lainnya. Adakah kegiatan sosial selama pandemi ini ? 
  3.  Cari keluarga miskin di daerah anda. Akibat pendemi ini kehidupan keluarga semakin parah. Bagaimana dia bisa bertaham hidup? Pekerjaan suaminya juga tak jelas dan istrinya apalagi. Dan lain-lain.
  4. Seorang perempuan tukang kerajinan. Misalnya dia bekerja sebagai pekerja pada orang lain yang mendapatkan upah tidak seberapa. Bagaimana dia bisa bertahan hidup di masa pandeni ini. Apakah dia pernah mendapat bantuan dari orang atau dari pemerintah semasa pandemi.
  5. Seorang ibu penjual kue dalam bakul.
  6. Seorang ibu pencuci pakaian di rumah orang 
  7.  Dan lain-lain Nara sumber yang umum kehidupan rumah tangganya kalang kabut atau kehidupan ekonmi yg tak mencukupi terutama di masa pandemi. 
  8. Atau Carikan sebuah lembaga yg khusus membantu kaum lemah terutama perempuan. 
  9. Bisa juga Nara sumner wanita karier. Coba dibuat kisah hidupnya.
  10. Silahkan pilih topik diatas. Bisa salah satu atau dua tiga atau kalau bisa semua topik. 

 

Kepada rekan wartawan tolong dibuatkan beritanya. Boleh ditulis dalam bentuk berita, Opini atau Future atau dalam bentuk laporan. Tentunya harus pakai foto-foto.

 

Ini di bulan Desember 2020. 

 

Dari : 

 

Pantas Sitompul 

Pemimpin Redaksi



Rekomendasi untuk Anda

G


Connect With Us





Copyright © 2015 riaubangkit
All right reserved