Redaksi | Pedoman Media Siber | Disclamair | Kontak
Proses Adat Saur Matua di Padang Sidimpuan
Terapkan Prokes dengan Ketat

Red
Kamis, 09 Sep 2021 03:37 WIB | dilihat: 169 kali
Foto: Almarhumah Op Rebeca Nainggolan boru Hutabarat

Oleh : drs Pantas Sitompul

 

Pelaksanaan adat saur matua Batak Toba di Padang Sidimpuan Tapanuli Selatan Sumatera Utara berjalan lancar sesua dengan protokol kesehatan. Setiap orang yang datang melayat wajib memakai masker dan sebelum masuk ke ruang duka wajib mencuci tangan. Dan dilrang berkerumun. Itulah gambaran yang terlihat pada Acara pemakaman Op Rebeca di Padang Sidimpuan.

 

Proses acara adat Pemakaman Tiominar Nainggolan boru Hutabarat, (Ompu Rebeca Boru) berusia 87 tahun istri almarhum BH Nainggolan (Ompu Rebeca Doli) dilaksanakan dengan adat Saur Matua. Istilah Adat Saur Matua ( Adat Batak Toba) dilaksanakan kepada seseorang apabila anak anaknya sudah kawin semua.

Acara pemakaman almarhumah yang meninggal hari Minggu (5/9/2021) sekitar pukul 04.15 Wib dan acara adat pemakamannya dilaksanakan hari Selasa (7/9/2021) di rumah duka Jalan Teuku Umar Gang Martabe Padangsidimpuan.

Sejak meninggal sampai penguburan para pelayat diharuskan mengikuti Protokol Kesehatan sesuai dengan anjuran Pemerintah seperti wajib memakai Masker, Cuci Tangan yang dipersiapkan keluarga almarhum dan menjaga jarak dan boleh berkerumun.

Sesuai dengan Biografi ( Riwayat Bidup), almarhumah mempunyai 8 anak terdiri 4 laki laki dan 4 perempuan masing masing Anak Pertama AKBP (Purn) MP Nainggilan / boru Simatupang Togatorop bertugas di Polda Sumut. Anak Kedua Aiptu Polisi Rikson Nainngolan/ boru Simanjuntak bertugas di Polres Tanjung Balai Asahan. Anak ketiga Donal Nainggolan / boru Aritonang tinggal di Padangsidimpuan dan Kardo Nainggolan / boru Hutabarat tinggal di Padang Sidimpuan.

Anaknya perempuan Dra Berta Nainggolan nikah dengan Drs PH. Sitompul, tinggal di Pekanbaru ,Rosida br Nainggolan nikah dengan marga Harahap tinggal di Padangaidimpuan Renita Rince boru Nainggolan nikah dengan marga Lumban Tobing tinggal di Pekanbaru dan Linda Nainggolan tinggal di Nias.
Jumlah semua keturunan ( Pomparan) sebangak 42 orang diantaranya cucu 26 orang dan satu cicit.

Dalam acara adat Saur Matua Batak Toba versi Adat Silindung, tersebut semua barisan Hula Hula mulai Bona ni Ari Silalahi Silahi Sabungan,Bona Tulang Sitompul ,Tulang (Marga Panjaitan), Tulang Rorobot (Marga Silaban) dan Hula hula Hutabarat ( Pangalapan Boru) ,Hula hula Martinodohon (kakak beradik ) alm.BH.Nainggolan yaitu Marga Panjaitan, Marga Simangunsong dan Hutapea.
juga Hula hula dari anak.almarhumah Yaitu Marga Simatupang,Togatorop,Simanjuntak,Aritonang dan Hutabarat
ke 4 anaknya semuanya Manortor sambil memberikan Ulos kepada keturunan almarhum dan abang adeknya almarhum.BH.Nainggolan ( suami alamarhumah).

Sebaliknya, pihak keluarga Ompu Rebeca membalasnya dengan menyerahkan uang Piso piso dan uang Somba somba sambil menyembah.

Usai acara hula hula dilanjutkan dengan acara Simatua ni Boru ( Mertua dari anak perempuan) Mertua Cucu untuk memberikan bantuan berupa uang yang diletakkan diatas piring disebut Pilo pilo untuk diserahkan kepada keluarga Nainggolan diiringi dengan tortor.

Hadir dalam acara kegiatan tersebut Rombongan Dongan Sahuta PPKL (STM Punguan Parsahutaon Kampung Losung),Perkumpulan Dongan Tubu Marga Nainggolan,Boru,Bere,Ibabere,organisasi Ikatan Pemuda Karya ( IPK) Kota Padangaidimpuan, Dewan Pimpinan Cabang dan Anak Cabang Pemuda Batak Bersatu (DPC/ PAC PBB) Padangsidimpuan,memberikan kata kata penghiburan sekaligus memberikan bantuan berupa uang.

Usai acara adat dilanjutkan dengan acara Gereja yang dipimpian Pdt P. Sitompul,STh dari Gereja HKBP Habinsaran Padang sidimpuan. Mulai pemberangkatan penguburan di TPU Padang Sidimpuan terlihat mendapat pengawalan dari personil Polres Padangsidimpuan oleh Polisi Lalu Lintas.
Acara mulai dari sejak meninggal hingga penguburan berjalan dengan aman dan baik dan tetap mematuhi Proses Kesehatan. (Editor : rts dan ibert)



Rekomendasi untuk Anda


Connect With Us





Copyright © 2015 riaubangkit
All right reserved