Redaksi | Pedoman Media Siber | Disclamair | Kontak
Management Corporate Adira meminta agar Hak Jawab dari adira juga di Naikan berita... 14/9 09.09 Legal Rio: Agar berimbang...

Ali.Amranpiliang
Selasa, 14 Sep 2021 11:08 WIB | dilihat: 80 kali

Nomor     : 009/SK/RRP/ADLS-LAWFIRM/IX/2021                   

Lampiran  : 9 (Sembilan) Set
Perihal   : Hak Koreksi dan Hak Jawab
 Atas Pemberitaan Media Riau Bangkit.Com
 
Kepada Yth.
Pimpinan Redaksi Riau Bangkit.Com

Jl. Silindung Rela Jaya No. 106 Rt 04 / Rw 01 Labuhbaru Barat

Pekanbaru

Dengan hormat.

Perkenankan kami Advokat dan/atau Konsultan Hukum pada Kantor Hukum Andalas Law Firm/ Rio Rizal Piliang,S.H.,M.H. & Rekan  yang beralamat di Jl. Tengku Umar Kel. Kota Tinggi– Kec. Pekanbaru Kota – Kota Pekanbaru – Provinsi Riau, berdasarkan Surat Kuasa Khusus No. Sk.01/SK/LGL-RGT/09/2021 tanggal         10 September 2021, dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. Cabang Rengat (selanjutnya disebut “Adira Finance”).

Berkaitan dengan pemberitaan yang diterbitkan oleh Media Online  riaubangkit.com dengan judul “ Dugaan KACAB PT Adira Dinamika Multi Finance,Tbk, Palsukan Tanda Tangan Konsumen (Debitur)”(https://riaubangkit.com/berita/7320/Dugaan-KACAB--PT-Adira-Dinamika-Multi Finance,Tbk-,Palsukan-Tanda-Tangan-Konsumen--(DEBITUR)- ) yang terbit via Online pada hari jum’at tanggal 10 September 2021, maka kami selaku Kuasa Hukum Adira Finance dengan ini menyampaikan Hak Koreksi/Hak Jawab Pemberitaan sebagaimana yang diatur dalam Pasal 1 angka 11 dan angka 12 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers. Beberapa hal yang ingin kami sampaikan yaitu sebagai berikut :

1. Pemberitaan di riaubangkit.com dengan judul “ Dugaan KACAB PT Adira Dinamika Multi Finance,Tbk, Palsukan Tanda Tangan Konsumen (Debitur)”   adalah pemberitaan yang tidak sesuai fakta hanya berdasarkan opini sepihak, tidak memberikan edukasi bagi masyarakat sehingga berpotensi menimbulkan kesalahpahaman dan kerugian yang sangat besar bagi Adira Finance.
2. Adapun permasalahan Debitur Adira Finance dengan nomor perjanjian 061321213060 atas nama Bapak Arifin Efendi Silalahi (disebut “Debitur Adira Finance”), saat ini dalam proses penyelidikan dan penyidikan oleh Sat.Reskrim Polres Kuantan Singingi terkait dugaan terjadinya Tindak Pidana Penggelapan, berdasarkan Laporan Polisi STPL/96/VI/2021/RIAU/SPKT/Res.Kuansing dengan terlapor Sdr. Yogi Trihardi, yang dari awal proses pelaporan sampai dengan saat ini Pihak Adira Finance dan Debitur Adira Finance telah saling bekerjasama dan berusaha dalam rangka penyelesaian permasalahan tersebut serta sama sekali tidak ada fakta yang menyebutkan tindakan memalsukan tandatangan oleh KACAB (yang dalam paragraf pertama pemberitaan dijelaskan sebagai “Kepala Cabang, PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk.Cabang Rengat…” dalam hal ini yaitu Bp. Zulkifli Rass ).
3. Bahwa pada paragraf terakhir disebutkan bahwa “…Kasus ini dalam proses Lidik Satreskrim Kuansing” hal ini menunjukkan bahwa walaupun telah diketahui fakta bahwa proses hukum sedang berjalan di Satreskrim Kuansing namun pemberitaan malah dibuat tidak sesuai fakta yaitu pemberitaan dengan judul “ Dugaan KACAB PT Adira Dinamika Multi Finance,Tbk ,Palsukan Tanda Tangan Konsumen (Debitur)” hal ini tentu telah menyalahi Kode etik Jurnalistik yang telah ditentukan.
<span;>4. Bahwa atas tindakan Sdr. Ali Amran Piliang yang dalam pemberitaan dimaksud merupakan satu-satunya narasumber serta telah datang dan mengaku pada klien kami selaku kuasa hukum dengan menunjukkan Surat Kuasa No.015/DPW LPK-RI B.A.24/6/2021 tanggal 24 Juni 2021 yang memberi wewenang dan hak serta bertindak Seolah-olah sebagai Advokat, serta menunjukkan Surat Tugas Khusus pada klien kami no. 075/DPW LPK-RI B.A.I.21/03/2021 yang dalam isinya malahan menugaskan sdr. Ali Amran Piliang terkait “…permasalahan lahan Km.91 Simpang Basrah Desa Segati Kec. Langgam kab. Pelalawan…”, maka berdasarkan fakta-fakta tersebut kami mempertimbangkan untuk melakukan upaya hukum atas dugaan tindak pidana sesuai Pasal 31 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2003 Tentang Advokat.
5. Bahwa Klien kami Adira Finance selalu berkomitmen untuk selalu menjalankan bisnis yang sesuai dengan hukum dan ketentuan yang berlaku.
6. Berdasarkan uraian fakta di atas, maka cukup berdasar bagi kami untuk mengajukan hak koreksi dan hak jawab pemberitaan serta meminta agar Pimpinan Media riaubangkit.com melakukan Koreksi Judul dan atau menghapus Isi Berita yang telah menyampaikan fakta yang keliru ( tidak sesuai fakta / Hoax tersebut serta menerbitkan Koreksi tersebut dalam 1 x 24 Jam sejak surat ini diterima.
7. Pengajuan Hak Koreksi dan Hak Jawab ini juga ditujukan untuk memberikan informasi yang berimbang bagi masyarakat mengenai isu pokok yang menjadi inti berita yang dimaksud, yakni bahwa Proses Hukum sedang berjalan dan TIDAK ADA pemalsuan tandatangan yang dilakukan oleh KACAB Adira Finance Cabang Rengat dalam hal ini yaitu Bp. Zulkifli Rass.

Demikian pengajuan Hak Koreksi dan Hak Jawab Pemberitaan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.


     Hormat Kami,

    KUASA HUKUM


          TTD

  

RIO RIZAL PILIANG, S.H, M.H    


FADLY AULIYA M,S.H.  


ROBY WAHYUDI, S.H

             

SANDI AFRIANI, S.H

 
Tembusan :
 
1.  Kepala Kepolisian Republik Indonesia (KAPOLRI)
2.  Ka.BaReskrim. Kepolisian Republik Indonesia (KaBareskrim Polri)
3.  Kepala Kepolisian Daerah Riau (KAPOLDA RIAU)
4.  Kepala Kepolisian Resort Kuantan Singingi (KAPOLRES KUANSING)
5.  Kepala Sat. Reskrim Polres Kuansing (Ka.SatReskrim POLRES KUANSING)
6.  Kepala Kejaksaan Negeri Kuantan Singingi (KEJARI KUANSING)
7.  Ketua Pengadilan Negeri Teluk Kuantan (Ka.PN TELUK KUANTAN)
8.  Dewan Pers Indonesia (DWI)
9.  Divisi Legal dan Litigasi PT. Adira Dinamika Multi Finance Tbk.
10. Arsip.



Rekomendasi untuk Anda


Connect With Us





Copyright © 2015 riaubangkit
All right reserved