Redaksi | Pedoman Media Siber | Disclamair | Kontak
Covid - 19 Mulai Longgar

F
Rabu, 20 Okt 2021 11:03 WIB | dilihat: 143 kali

Covid - 19 Mulai Longgar

Oleh ; Drs.Pantas Sitompul

 

Protokol Kesehatan yang terus digencarkan pemerintah semakin hari kondisi Covid - 19 mulai longgar. Pemandangan rapi dan tertib masih terlihat di rumah ibadah. Satu persatu terlihat masih setia memakai masker.

Kesetiaan mereka akan masker ini ada rasa malu dan takut. Malu kepada sesama takut kepada aturan dan takut kepada aruran pemerintah dan pengetua gereja. Nanti ditegor. Kita lihat lagi di super market semua pakai masker. Amak-anak juga demikian.

Di dalam bus juga terlihat para penumpang dengan setia memakai masker. Di sekolah semuanya terlihat dengan masker setia lengket di mulut dan dagunya. Apa yang dianjurkan pemerintah dan pesan IBU benar sudah diterapkan ditengah masyarakat. Walaupun sekarang pengaruh Covid - 19 sudah mulai menurun namun prilaku memakai masker masih tetap,

Itu kebiasaan bila keluar rumah. Kebiasan sehari-hari di sekitar rumah sudah mulai kendor. Misalnya orang mau belanja di warung tidak lagi memakai masker. Pergi ke rumah tetangga juga tidak pakai masker lagi. Bapak-bapak yang suka ke kedai kopi tidak lagi mau pakai masker. Baik pagi hari maupun sore hari mereka tampak tak peduli lagi. Mereka menilai Covid - 19 sudah tidak lagi ada di daerah itu. PPKM juga tidak terdengar lagi. tulah gambaran dan kondisi yang terlihat sekarang ini.

Mungkin hal serupa terjadi di tempat lain. Bila ditempat umum merasa takut tapi justru di tempat yang ada petugasnya tidak begitu. Masyarakat lebih takut pada aturan terlebih bila ada petugasnya.

Iti soal masker yanh sering dimasalahkan walupun kenyataanya menjadi kebutuhan. Nagi yang sudah terbiasa menjadi kebiasaan hidup. Bahkan banyak diantara masyarakat yang memakai.dua lapis.

Sekarang ini, sekarang ini sudah zona kuning di daerah Pekanbaru Riau. Pemerintah sudah memperlonggar suasana. Hampir semua tempat dan gedung pesta perkawinan sudah berjalan senagaimana mestinya. Semua pesta perkawianan sudah berjalan hingga pukul 18.00 wib. Tidak ada lagi rasa takut.

Dilain pihak masyarakat juga tampak masih banyak yang melakukan vaksinasi. Di setiap Puskesmas masih ramai dikunjungi orang untuk vaksinasi. Ini juga untuk menangkal penyebaran virus corona.

Kesimpulan saya sebagai penulis, apapun yang dilaksanakan masyarakat terserah. Dan musti diingat najwa virus ini bisa saja meledak kemnali bulan desember tahun ini. Itu menurut perkiraan para ahli. Salam sehat. ***

 

 



Rekomendasi untuk Anda


Connect With Us





Copyright © 2015 riaubangkit
All right reserved