Redaksi | Pedoman Media Siber | Disclamair | Kontak
Gus Yahya Umumkan Kabinet Baru PBNU, PWNU Riau Dorong Kiai Miftachul Akhyar Tak Perlu Mundur dari MUI

Redaksi
Kamis, 13 Jan 2022 10:13 WIB | dilihat: 64 kali

Editor: Aldi Saputra

JAKARTA, RBC - KH. Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) hari ini mengumumkan 'kabinet baru' kepengurusan PBNU periode 2022-2027. Dari susunan pengurus baru tersebut, Gus Yahya menjabat sebagai Ketua Umum, Sekjen dijabat Saifullah Yusuf dan Bendahara Umum diemban Mardani Maming. Adapun untuk Rais Aam dijabat KH. Miftachul Achyar yang tak lain adalah Ketua Umum MUI. 

Khusus posisi Kiai Miftachul Akhyar yang rangkap jabatan sebagai Rais Aam PBNU sekaligus Ketum MUI, mendapat atensi di masyarakat, termasuk Pengurus Wilayah NU (PWNU) Riau. Terlebih, beberapa waktu lalu Kiai Akhyar sempat menyatakan siap mundur sebagai Ketum MUI setelah terpilih sebagai Rais Aam PBNU.

PWNU Riau mendukung Kiai Akhyar yang juga Pengasuh Pondok Pesantren Miftachud Sunnah Surabaya tersebut tetap menjabat sebagai Rais Aam dan Ketum MUI.

"PWNU Riau meminta PBNU tetap rais aam kiai miftachul akhyar, Rais Aam dan ketua umum MUI. Jadi pandangan saya ke beliau (kiai miftachul akhyar) karena MUI adalah kumpulan ormas-ormas islam. Jadi tidak perlu beliau mengundurkan diri dari (ketum) MUI," kata Ketua PWNU Riau T Rusli Ahmad,  saat dihubungi, Rabu (12/1/2022).

Bang Rusli, sapaan akrabnya menegaskan bahwa seluruh pengurus NU Riau mendukung Kiai Akhyar agar tetap menjabat dua posisi tersebut. Dia pun berdalih, justeru dengan memimpin MUI dan Rais Aam PBNU, maka kerjasama kedua lembaga keagamaan itu semakin berjalan sinergi.

Bang Rusli percaya, Kiai Akhyar tak akan terganggu dengan dua posisi yang saat ini diembannya. Sebaliknya, malah semakin menguatkan kerjasama antar-ormas islam di Indonesia dalam menanamkan islam washatiyah.

"Malah sinergi. Yang kedua tidsk ada di dalam NU harus mundur, kecuali (NU) jabatan politis kemungkinan iya (harus mundur). Tapi karena MUI ormas, pintu besarnya ormas-ormas islam termasuk NU tadi," ujarnya.(rls/Aldi)



Rekomendasi untuk Anda


Connect With Us





Copyright © 2015 riaubangkit
All right reserved