Home / Kuansing

BUMDes PADANG LUAI Kelola Pupuk Organik
Penulis: PH Sitompul | Selasa, 10 Maret 2020 | 10:08 WIB Dibaca: 86 kali


Kuantan Mudik, RBC  - Desa Luai kecamatan Kuantan Mudik kabupaten Kuantan Singingi memiliki  Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang diberi nama "Padang Luai" Pengelola BUMDes Langsung tancap gas dengan memproduksi pupuk organik.

Kegiatan Bumdes padang luai yang tidak terlepas dari Pembinaan dinas pertanian Kabupaten Kuantan Singingi, diharapkan menjadi pioner bagi Bumdes lain yang ada di Kabupaten kuantan Singingi. 

Kadis pertanian Ir. Emmerson melalui H. Adriyanto Kabid Sapras yang didampingi Rudi Achmad Haryadi Kasi Pupuk, Pestisida dan Alsintan mengatakan "Selain produksi pupuk organik, Bumdes padang luai pun akan bekerja sama dengan pemerintahan Desa Guna mewujudkan 3 program lanjutan yaitu : pemanfaatan Lahan tidur, Pembinaan dan pemberdayaan  ketahanan keluarga melalui program 1 kk 10 polybag.

Polybag tersebut akan ditanami hortikultura untuk membantu memperingan kebutuhan keluarga berupa sayuran dan Bahan pokok lainnya seperti bawang, cabe, tomat dan lainnya, selain itu melalui Kerjasama ini juga akan diwujudkan Desa luai bebas sampah, melalui program menuju luai zero waste 2021," Ujar Adrianto, kepada wartawan suara aktual, 06/03/2020 di kantor BUMDes Padang Luai.

Anasri selaku Bendahara menjelaskan BUMDes Padang Luai memproduksi Pupuk Organik karena ketersediaan bahan baku yang melimpah untuk produksi, yaitu kotoran ternak Sapi, sekam padi, serbuk kayu. Bahkan, kotoran ternak tersedia berlimpah sepanjang tahun. Dan juga masyarakat di Luai bahkan Kuansing mayoritas adalah Petani yang sangat membutuhkan pupuk Organik ini.

"Ya, Karena ketersedian bahan baku yang melimpah dan ditambah lagi masyarakat kita banyak yang bertani dan sangat membutuhkan pupuk organik atau kompas. ujar Anasri

Ditambahkan Anasri "Ya, ini sangat membantu perekonomian warga, karena untuk memproduksi diperlukan bahan baku, maka ini dapat memanfaatkan warga untuk mencari bahan baku, dan juga untuk pengelolaan juga diperlukan pekerja," ujarnya.

Andrie selaku Direktur juga mengatakan BUMDes Padang Luai ini baru saja dikembangkan awal tahun 2020 ini, setelah melakukan berapa proses dapat memproduksi sebabanyak 60 ton, yang masih ditahap permentasi.

Kemudian Andrie mengatakan, untuk sampai saat ini sudah ada 30 ton yang siap untuk dipasarkan, pemasaran akan diutamakan untuk warga desa Luai, dan setelah itu baru akan dipasarkan untuk umum wilayah di Kuansing bahkan sampai diluar kuansing.

"BUMDes ini baru kita mulai awal tahun 2020, dan Alhamdulillah setelah melakukan beberapa proses, sudah sebanyak 60 ton di tahap permentasi dan sebanyak 30 ton sudah siap untuk di pasarkan. ditahap ini untuk pemasaran kita fokus untuk masyarakat Luai dulu, setelah kebutuhan sudah cukup, kami juga akan memasarkan di beberapa wilayah se-Riau ini,", Jelas Andrie

"Mengenai harga jual pupuk ini belum bisa dipastikan, yang jelas pasti lebih murah dari harga pupuk biasanya," tambah Andrie.

"Ya, kami akan selalu meminta  dukungan dari Pemkab Kuansing, khususnya dari Dinas Pertanian melalui kadis pertanian Ir Emmerson, kabid Sapras H.Adrianto dan kasi Rudi Achmad Haryadi yang membawahi kegiatan ini, sangat kami harapkan," harap andrie.(Jailani)

[ Kembali ]
Berita Terkait
Selasa, 26 Mei 2020 | 09:53 WIB
Polres Kuansing Perketat Perbatasan Riau-Sumbar Dalam Rangka Pembatasan Perjalanan Orang Menjelang Idul Fitri 1441 H Guna Mencegah Penyebaran Covid 19
Kamis, 07 Mei 2020 | 13:57 WIB
RAPP(APRIL)..KUANSING POSKOWAS PEDULI CORONA VIRUS COVID 19
Selasa, 10 Maret 2020 | 10:08 WIB
BUMDes PADANG LUAI Kelola Pupuk Organik
Jumat, 06 Maret 2020 | 18:50 WIB
Kesuksesan dan keberasilan pemilihan calon angota BPD atas kerja sama masyarakat desa
Jumat, 06 Maret 2020 | 17:32 WIB
Kesuksesan dan keberasilan pemilihan calon angota BPD atas kerja sama masyarakat desa
Sabtu, 22 Pebruari 2020 | 20:16 WIB
Kepala Teberau panjang Hendri Mempunyai Progam Mulia Untuk Generasi Anak-anak Kedepannya
Rabu, 15 Januari 2020 | 14:39 WIB
Pelayur Jalur Desa Pisang Berebus Pendekar Panjang Bukit Siguntur 2020
Sabtu, 04 Januari 2020 | 10:33 WIB
Tampil Percaya Diri Dalam Turnamen Kuantan Sako Cup, Mengantarkan FC Luai Ke babak Selanjutnya
Sabtu, 04 Januari 2020 | 10:27 WIB
Yurzaldi Mempunyai Impian Untuk Kemajuan Desa Dan Terobosan Menunjang Perningkatan Perekonomian Masyarakatnya
Rabu, 01 Januari 2020 | 12:07 WIB
Kapolres Kuansing Menyampaikan Press Release Sepanjang Tahun 2019 Dan Kasus Yang Menonjol Pada Tahun 2019
 
Indeks Berita | Indeks Foto | Indeks Terpopuler | Redaksi
2015 All Rights Reserved | Riau Bangkit